Inseminasi Buatan di Tellu Siattinge Bone, Pj Gubernur Sulsel Pastikan Program Sampai ke Masyarakat

13 Maret 2024
Indri Yustika
Dibaca 7 Kali
Inseminasi Buatan di Tellu Siattinge Bone, Pj Gubernur Sulsel Pastikan Program Sampai ke Masyarakat

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan terus menggalakkan program inseminasi buatan untuk meningkatkan kualitas dan produksi peternakan di daerah tersebut. Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, menegaskan bahwa program ini akan menjangkau masyarakat, terutama para peternak.

Pada Rabu, 13 Maret 2024, program peningkatan produksi dan kualitas peternakan melalui inseminasi buatan, pelayanan kesehatan hewan, serta optimalisasi pakan ternak dari limbah pertanian dilaksanakan di Desa Ajjalireng, Kecamatan Tellu Siattinge, Kabupaten Bone.

Dalam kegiatan tersebut, Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, bersama petugas peternakan setempat melakukan penyuntikan sperma sapi simental ke ternak milik warga.

Sukman, petugas peternakan Kecamatan Tellu Siattiange, mengungkapkan bahwa terdapat sekitar 6.730 ekor sapi di kecamatan tersebut. "Pakan ternak yang kami gunakan berasal dari limbah pertanian, seperti batang pisang dan rumput gajah," ujarnya.

Warga yang menerima bantuan merasa sangat terbantu dengan program ini. "Terima kasih atas bantuan ini, saya memiliki 10 ekor sapi, termasuk jenis Limosine, Simental, dan Bali, serta beberapa peranakan," kata Saenal, salah satu pemilik ternak.

Bahtiar Baharuddin menjadikan peningkatan produksi peternakan sebagai salah satu program prioritasnya, termasuk melalui inseminasi buatan. Selain itu, ia juga mendengarkan aspirasi para peternak dan petugas peternakan.

"Program ini akan kita berikan kepada masyarakat. Siapa saja yang membutuhkan inseminasi buatan, berapa pun yang diperlukan, kita akan penuhi. Kami akan menjalankan program ini dengan baik," tegas Bahtiar.